Jumat, 30 Maret 2012

PROPOSAL RKB


PROPOSAL
PENGADAN RUANG KELAS BARU (RKB) DAN MEUBELAIR  
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL HIDAYAH
DESA PANJALU  KEC. PANJALU   KABUPATEN CIAMIS

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, hanya dengan kehendak dan anugerah-Nya kami dapat menyusun proposal ini. Shalawat dan salam semoga selamanya dilimpahkan kepada Nabi Muhammad Saw., keluarga, para sahabat, tabi’in dan ummatnya yang taat pada sirah beliau sampai akhir jaman.
Tujuan Pendidikan Nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD RI 1945 dan UU Sistem Pendidikan Nasional No. 020 Tahun 2003 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kepada masyarakat dan Bangsa.
Tujuan pendidikan tersebut dapat terwujud bila lembaga pendidikan dapat mengotimalkan para peserta didiknya melalui berbagai kegiatan, baik dalam bentuk intra kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler. Selain itu, faktor lain yang turut mendukung tujuan diatas juga adalah keberadaan sarana dan prasarananya, baik berupa pengadaan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Meubelair yang baik, lingkungan yang bersih, nyaman dan rindang, maupun juga perlengkapan belajar lainnya. Sehingga diharapkan siswa didik merasa betah belajar dan memiliki kebanggan terhadap almamaternya dan mampu meningkatkan motivasi belajarnya.
Keadaan Ruang Kelas  Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah, yang terdapat di dua kelas, saat ini kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan, hampir semua meja, kursi dan papantulisnya dalam keadaan kurang baik, sehingga bila tiba saat belajar anak didik kurang merasa nyaman dalam aktifitas belajarnya. Tentunya dengan kondisi tersebut, pembangunan Ruang Kelas Baru di  DTA Al Hidayah merupakan suatu cita-cita dan dambaan seluruh elmen yang ada disatuan pendidikan Kami sarana yang menunjang pembelajaran anak didik kami. Oleh karena itu proposal Pengadan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Meubelair  Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah disusun dengan harapan berbagai pihak dapat terketuk hatinya untuk peduli, membantu dan mendukung, sehingga sarana belajar disekolah kami dapat difungsikan sebagaimana mestinya untuk Proses Belajar Mengajar (PBM) yang menyenangkan.
Akhirnya, semoga Allah SWT selamanya memberikan Taufiq dan Hidayah-Nya kepada kita semua dan menamakan sikap keikhlasan dan ketabahan kepada kita dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, khususnya dalam dunia kependidikan. Amin.

Wassalam,
















BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
            Keberhasilan pembangunan dewasa ini sangat tergantung kepada keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM). Madrasah yang berkualitas merupakan faktor penunjang bagi kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Tanpa SDM yang berkualitas, mustahil bagi suatu bangsa dapat mencapai kemajuan dalam segala bidang kehidupan.
            Ketersediaan SDM yang berkualitas tentunya merupakan tanggung jawab fundamental bagi suatu lembaga pendidikan. Hal tersebut bukanlah perkara yang mudah dan sederhana, tetapi persoalan yang memerlukan upaya yang serius dan sungguh-sungguh dalam menanganinya. Pendidikan yang fundamental berkaitan langsung dengan pembentukan kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik secara komprehensif, yang harus mendapat perhatian serius bagi para pendidik, pimpinan lembaga pendidikan dan masyarakat umum sebagai pengguna jasa kependidikan (costumer).
            Harapan inilah yang menjadi tujuan utama pendidikan sebagaimana tercantum pada pembukaan UUD’45 dan UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Pendidikan sejatinya harus mampu menumbuhkan jiwa patriotik dan kesetiakawanan sosial yang tinggi pada peserta didik. Hal ini mengandung makna bahwa perlu dikembangkan iklim belajar mengajar yang kondusif dan dapat mengembangkan serta menumbuhkan rasa percaya diri tinggi. Selain itu juga, para pendidik harus mampu menciptakan suasana Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan.
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di jenjang pendidikan dasar, perlu ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai, Ruang Kelas Baru (RKB) dan Meubelair yang permanen, kokoh dan representatif, serta lingkungan belajar yang nyaman, bersih dan asri sehingga tumbuh rasa bangga dan percaya diri pada siswa dan mereka akan merasa betah selama berada di sekolah tersebut.
Mencermati harapan-harapan di atas dan melihat kondisi riil Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah, yang sudah berkiprah selama 24 tahun dalam membina dan mendidik para siswa sebagai calon-calon pemimpin bangsa dimasa mendatang, kami merasakan tantangan yang sangat berat, sementara kondisi sarana dan prasarana yang ada sangat memprihatinkan. Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah berdiri diatas tanah wakaf milik Pimpinan Yayasan Hegarmanah  dengan sertifikat status tanah milik Yayasan.
Kondisi Ruang Kelas yang kurang baik sangat menjadi perhatian, baik dari pihak sekolah maupun masyarakat, namun karena kemampuan yang sangat terbatas, kami hanya bisa berpangku tangan, sambil tetap berupaya untuk menjaga kelangsungan KBM dan senantiasa memiliki sikap optimisme yang besar, bahwa kelak akan ada pihak yang peduli dengan kondisi tersebut.
            Padahal, jika melihat kiprah dan keberhasilan para siswa didik yang telah dan sedang menempuh pendidikan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah, sudah memberikan prestasi yang pantas dibanggakan. Dalam beberapa perlombaan yang diikuti oleh siswa kami, baik bidang akademis maupun umum, telah menyumbang kejuaraan yang membanggakan. Apalagi para alumninya yang kini telah duduk di jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan yang sudah berkiprah di masyarakat, pun banyak yang pantas dibanggakan. Hal ini merupakan wujud keberhasilan pendidikan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah. Walapun dengan sarana dan prasarana yang sangat terbatas.
Oleh karena itulah, melalui proposal ini, kami bermaksud memohon bantuan dana untuk Pengadan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Meubelair di dua kelas pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah, berikut melengkapi sarana dan prasarana penunjang pembelajaran, sehingga diharapkan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah tidak tertinggal terlalu jauh dari sekolah-sekolah setingkat lainnya dan mampu menyongsong tantangan kehidupan di masa depan yang lebih kompleks dan berat. Insya Allah.

B. Maksud dan Tujuan
1. Maksud
a. Membangun Ruang Kelas Baru (RKB) dan Meubelair dan Meubelair  Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah, terutama di tiga kelas yang hampir dan telah rusak,
b. Melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran agar representatif, memadai dan menunjang proses belajar mengajar.

2. Tujuan
a. Meningkatkan mutu pendidikan melalui optimalisasi dan efektivitas pembelajaran
b. Meningkatkan peran serta dan tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan
c. Merangsang animo masyarakat untuk tetap menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
















BAB II
VISI, MISI DAN STRATEGI
MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL HIDAYAH

A. VISI
Visi Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah :
”MEMBANGUN GENERASI YANG PARIPURNA”

B. MISI
Misi Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah adalah :  Mewujudkan Insan :
1. Bertaqwa
2. Cerdas dalam ilmu pengetahuan
3. Terampil dalam pekerjaan
4. Berbudaya dan Mandiri

C. STRATEGI
1. Meningkatkan fungsi dan peran kepala sekolah sebagai administrator, manajer dan supervisor
2. Meningkatkan hubungan kerjasama dan berkoordinasi dengan sekolah sekolah setingkat
3. Memantapkan koordinasi internal dan hubungan kerjasama yang harmonis dengan seluruh warga sekolah
4. Meniungkatkan hubungan kerjasama dengan keluarga pegawai sekolah
5. Meingkatkan hubungan kerjasama dengan lembaga organisasi Sekolah
6. Menatapkan dan meningkatkan pelaksanaan 5K

BAB III
RENCANA PROGRAM DAN RENCANA ANGGARAN/PELAKSANAAN


A. Rencana Program
            Bertitik tolak pada tujuan pendidikan Nasional serta dengan memperhatikan kendala yang dihadapi untuk mencapai tujuan, kami berupaya untuk mengotimalkan program Pengadan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Meubelair Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah ini sehingga dapat mendukung terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar bagi guru dan peserta didik.
            Adapun rencana program yang akan dilaksanakan antara lain :
1. Pengadan dua Ruang Kelas Baru (RKB) dan Meubelair  Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah
2. Penambahan meubelaer

B. Rencana Pelaksanaan
            Untuk mencapai hasil yang optimal dan berkualitas diharapkan pelaksanaan pembangunan Pengadan tidak berorientasi mencari keuntungan finasial semata, tetapi harus mengarah pada kualitas hasil pekerjaan.
Oleh karena itu, sebagai langkah awal dibentuk Komite Pengadan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Meubelair  Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah yang melibatkan semua unsur-unsurnya terkait, yang terdiri dari unsure organisasi paling tinggi dilingkungan Lembaga sekolah (Yayasan), pimpinan sekolah dan masyarakat sehingga program ini dapat berjalan lancar, efektif dan efisien serta transparan (terbuka).
Adapun susunan panitia Pengadan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Meubelair Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah ini sebagai berikut :
No
Nama
Unsur Dari
Jabatan
(1)
(2)
(3)
(4)
1
Burhan Muttaqin
Kepala Madrasah
Ketua
2
H. Ma’sum
Ketua Komite
WK
3
Yuyun Junaedi
Bendahara Sekolah
Bendahara
4
H. Abas
Bendahara Komite
WK. Bendahara
5
R. Maman Suhirman
Masyarakat
Anggota

C. Rincian Anggaran Pengadaan Ruang Kelas Baru (RKB)
RENCANA ANGGARAN BIAYA

PEMBANGUNAN 2 (DUA) RUANG KELAS BARU (RKB) DAN MEUBELAIR

DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL HIDAYAH









No
Uraian
Vol.
Satuan
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)




RUANG KELAS BARU (RKAB)


I
PEK. PERSIAPAN/PERENCANAAN







1. Pas Bouplank



                 650,000.00



2. Administrasi dan dokumentasi



              2,000,000.00


Jumlah
           2,650,000.00


II
PEK. GALIAN DAN URUGAN



                                -  



1. Galian tanah
224
meter kubik
               35,000.00
              7,840,000.00



2. Urugan kembali & pek. Alas lantai
25
meter kubik
             250,000.00
              6,250,000.00


Jumlah
        14,090,000.00


III
PEK. PONDASI DAN BETON



                                -  



1. Pondasi batu belah
19.5
meter kubik
             200,000.00
              3,900,000.00



2. Beton
6
meter kubik
          1,800,000.00
            10,800,000.00


Jumlah
        14,700,000.00


IV
PEK. DINDING DAN PELESTERAN







1. Pasang bata merah
240
meter persegi
               70,000.00
            16,800,000.00



2. Pelesteran
480
meter persegi
               35,000.00
            16,800,000.00


Jumlah
        33,600,000.00


V
PEK. ATAP DAN PLAPON







1. Kuda-kuda dan lain, kayu kmper
12
meter kubik
          2,000,000.00
            24,000,000.00



2. Pasang rangka atap kayu
240
meter persegi
               75,000.00
            18,000,000.00



3. Atap genteng pelentong Ex. Soka
15000
pcs
                 1,000.00
            15,000,000.00



4. Bumbungan genteng
90
pcs
               15,000.00
              1,350,000.00



5. Lisplang kayu kamper
480
meter
               10,000.00
              4,800,000.00



6. Pas rangka plapon kayu
270
meter persegi
               25,000.00
              6,750,000.00



7. Plapon eternity 100 x 50 cm
240
meter persegi
               27,000.00
              6,480,000.00



8. Beugel dan moor bout
15
kilo gram
               25,000.00
                 375,000.00



9. Instalasi listrik
1
unit
          1,500,000.00
              1,500,000.00


Jumlah
        78,255,000.00


VI
PEK. KUSEN PINTU



                                -  



1. Kusen kayu
6
meter kubik
          2,500,000.00
            15,000,000.00



2. Pintu kayu kamper
8
Dn
             500,000.00
              4,000,000.00



3. Jendela rangka kayu
48
Dn
             150,000.00
              7,200,000.00



4. Kaca bening 5 mili
64
meter persegi
             125,000.00
              8,000,000.00


Jumlah
        34,200,000.00


VII
PEK. KUNCI



                                -  



1. Kunci 2 putaran
4
bh
             150,000.00
                 600,000.00



2. Slot pintu
8
bh
               25,000.00
                 200,000.00



3. slot jendela
24
bh
               25,000.00
                 600,000.00



4. ensel pintu cabut
18
bh
               30,000.00
                 540,000.00



5. Engsel jendela kupu-kupu
32
bh
               25,000.00
                 800,000.00


Jumlah
           2,140,000.00


VII
PEK. LANTAI







1. Urugan pasir atas lantai
36
meter kubik
             100,000.00
              3,600,000.00



2. Lantai keramik
240
meter persegi
               60,000.00
            14,400,000.00


Jumlah
        18,000,000.00


No
Uraian
Vol.
Satuan
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)




IX
PEK. PENGECATAN







1. Cat dinding sekualitas Sanlek
480
meter persegi
               25,000.00
            12,000,000.00



2. Cat plapon sekualitas Sanlek
480
meter persegi
               25,000.00
            12,000,000.00



3. Cat kayu sekulaitas Emco
44
meter persegi
             100,000.00
              4,400,000.00



4. Sulinem
12
blak
               30,000.00
                 360,000.00



5. Meni kayu
40
meter persegi
               15,000.00
                 600,000.00


Jumlah
        17,360,000.00


X
PEK. FINISHING







1. Membersihkan sisa-sisa bahan
10
hr
             300,000.00
              3,000,000.00



2. Pengawasan dan honor panitia pengadaan barang dan jasa
60
HOK
             250,000.00
            15,000,000.00


Jumlah
        18,000,000.00


Jumlah Total (I s.d X)
      232,995,000.00


MEUBELAIR


XI
Meja siswa ganda
30
bh
               95,000.00
              2,850,000.00



Kursi siswa
60
bh
               80,000.00
              4,800,000.00



Meja dan kursi guru
2
bh
             750,000.00
              1,500,000.00


Jumlah
           9,150,000.00


JUMLAH TOTAL RKB DAN MEUBELAIR
       242,145,000.00















BAB IV
PENUTUP


            Demikian proposal rencana Pengadan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Meubelair Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah Kec. Panjalu Kab. Ciamis ini disusun sebagai pedoman bagi komite (panitia) untuk melaksanakan tugasnya dan sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak yang berniat untuk berpartisipasi memberi dukungan, baik moril mapun materiil, demi terwujudnya rencana tersebut.
            Dengan segala kerendahan hati kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang akan turut membantu terlaksananya rencana ini.
Akhirnya hanya kepada Allah kita gantungkan segala harapan dan keinginan disertai dengan do’a semoga Dia senantiasa mengetuk hati hamba-hamba-Nya, terutama yang telah diberi rizki yang berlebih, untuk mengulurkan bantuannya bagi terlaksananya Pengadan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Meubelair Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Hidayah ini.

                                                        
Panjalu, 22 Februari 2012
Ketua Komite
Kepala Madrasah




Mengetahui
Ketua Yayasan Hegarmanah




1 komentar:

syukran ,,,